Bupati Sam Sachrul Menghadiri Kegitan Sosialisasi SPI Tahun 2022

0 33

BOLTIM – Bupati kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Sam Sachrul Mamonto S.Sos M.Si, menghadiri kegiatan sosialisasi dan koordinasi pelaksanaan Survei Penilaian Integritas (SPI) di Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boltim tahun 2022, yang digelar di Aula lantai III kantor bupati, Selasa (12/7).

Sosialisasi tersebut dilaksanakan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Republik Indonesia melalui tim kerja Direktorat Monitoring dan Pencegahan, Mochamad Agung Sasongko didampingi tenaga ahli Survei Penilaian Integritas, Ario Christianto.

Dalam sambutannya Bupati menyampaikan ucapan selamat datang kepada tim kerja KPK di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur.

“Atas nama pribadi, pemerintah dan masyarakat, mengucapkan selamat datang kepada tim kerja KPK RI di Kabupaten Boltim. Semoga kedatangan bapak-ibu sekalian akan dapat memotivasi kami jajaran Pemkab Boltim dalam mengemban tugas-tugas dan tanggung jawab yang diamanahkan kepada kami semua,” ucap bupati.

Lanjutnya, survei penilaian integritas adalah berbasis elektronik yang ditujukan kepada seluruh kementerian, lembaga dan pemerintah daerah di seluruh Indonesia termasuk Pemkab Boltim yang bertujuan untuk memberikan peta risiko korupsi dan saran pencegahan secara spesifik kepada pemerintah daerah.

“Oleh karenanya, Pemkab Boltim menyambut baik pelaksanaan survei penilaian integritas sebagai salah satu upaya pencegahan dan pemberantasan korupsi,” katanya.

Menurut Bupati, survei penilaian integritas telah dilaksanakan di Kabupaten Boltim sebanyak dua kali. Dimana, untuk tahun 2021 indeks SPI rata-rata nasional berada di angka 72,4. Sementara itu Kabupaten Boltim mendapat skor 78,7. Jadi sedikit diatas rata-rata indeks nasional.

“Dari laporan hasil SPI 2021 yang menghasilkan penilaian untuk berbagai dimensi integritas terdapat temuan dan rekomendasi untuk bahan perbaikan bagi Pemkab Boltim,” pintanya.

Sehingga dirinya berharap, kepada seluruh kepala OPD, agar bersikap proaktif dan intens dalam melakukan sosialisasi anti korupsi kepada ASN dan masyarakat yang dilayani di instansi masing-masing serta dapat mensosialisasikan pelaksanaan kegiatan SPI tahun 2022.

“Pimpinan SKPD agar dapat mengimbau kepada ASN dan layanan eksternal untuk segera mengisi kuesioner SPI jika telah mendapatkan pesan baik email ataupun WhatsApp,” ujar Bupati.

Pada kesempatan itu, bupati menyampaikan permohonan maaf apabila terdapat kekurangan maupun hal-hal yang kurang berkenan bagi tim kerja KPK.

Tim kerja KPK Direktorat Monitoring dan Pencegahan Mochamad Agung Sasongko menyampaikan, sejauh ini, pihaknya tidak menemui temuan besar saat pemeriksaan.

“Semua sesuai prosedur. Tidak ada temuan fatal dalam pemeriksaan kami. Hanya ada beberapa yang harus dilengkapi saja,” sebut Sasongko.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Wakil Bupati, Sekda, para Asisten, serta seluruh Pimpinan OPD di lingkup Pemkab Boltim.

Leave A Reply

Your email address will not be published.