Latsar CPNS Boltim Angkatan 2019 Resmi Digelar, Bupati Sam Sachrul Jadi Pematri Pertama

0 38

BOLTIM – Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Sam Sachrul Mamonto, menjadi pemateri pada kegitan Pelatihan Dasar (Latsar) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Boltim golongan II dan III dengan materi ASN Berahlak. Bertempat di Balai Room SMK Yadika Kopandakan II, Senin (11/7).

Saat menyampaikan materinya, SSM mengingatkan agar CPNS agar menjaga integritasnya pada saat sudah menjadi PNS sepenuhnya nanti.

“Saya ingatkan integritas sangat penting ketika kalian sudah menjadi PNS, dimana integritas menyangkut kejujuran dan tanggung jawab kalian, dengan adanya kejujuran kalian tidak akan berani melakukan hal-hal yang menyimpang, contohnya korupsi dan lain sebagainya,” katanya.

Ia juga menjaskan, PNS harus menghindari beberapa model penyakit yang sering menyerang PNS. Contohnya, seperti penyakit yang berhubungan dengan kehadiran kantor seperti AIDS yang diartikan sebagai PNS yang biasa Alpa, Ijin serta dikit-dikit sakit, Kudis yang diartikan PNS yang kurang disiplin serta Pucat Pasi dimana PNS yang biasanya pulang cepat padahal masih pagi.

“Selain itu Ada juga penyakit yang berkaitan dengan kejiwaan yang harus dihindari PNS yakni, Asam Urat dimana PNS yang tipikalnya uring-uringan atau hobi tidur, Asma dimana PNS yang hanya asal mengisi absen, Batuk dimana PNS banyak ngantuk, Campak yakni PNS yang cari muka pakai alasan kerja serta Ginjal yakni PNS yang biasanya gajinya ingin dinaikan tapi kerjanya lambat, “jelasnya.

Selain itu kata Bupati, ada juga penyakit PNS yang harus dihindari yakni penyakit yang berkaitan dengan profesionalisme, diantaranya Kurap yakni penyakit kurang profesional atau kurang rapi.

” Ada juga TBC dimana ASN tidak bisa menggunakan komputer, Panu yakni PNS yang bertindak sebagai piket tapi asal nulis, Kram PNS yang kurang terampil, Kutil PNS yang kurang teliti dan Flu dimana PNS yang hanya bermain facebook saat jam kerja,” tutupnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.