Ternyata ini Asal Mula Kata Hari Minggu

0 13

KONTRAS MEDIA – Hari Minggu merupakan hari pertama dalam hitungan tujuh hari atau sepekan. Asal mula kata hari Minggu diserap dari bahasa Portugis.

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) daring, Minggu merupakan hari pertama dalam jangka waktu satu minggu.

Minggu/Ming·gu/ n 1 hari pertama dalam jangka waktu satu minggu; Ahad: pada hari — semua pegawai libur; 2 (ditulis dengan huruf kecil) jangka waktu yang lamanya tujuh hari: setiap tahun kami mendapat cuti dua –;–

Merujuk pada buku Loan-Words in Indonesian and Malay, asal mula kata Minggu dalam bahasa Indonesia atau Melayu diserap dari bahasa Portugis, yakni dari kata Domingo.

Domingo sendiri diserap dari bahasa Latin, Dominicus, yang artinya ialah hari Tuhan atau hari dari Tuhan.

Dominicus inilah yang kemudian diserap ke dalam bahasa Portugis menjadi Domingo. Lalu diserap lagi oleh bahasa Melayu dan Indonesia menjadi Minggu. Hingga akhirnya kita mengenal hari pertama dalam tujuh hari sebagai Minggu.

Sementara itu, dikutip dari buku ‘Mengapa Saya Bukan Aku’ karya Acep Iwan Saidi, kata Minggu memang diserap dari kata Domingo, yang merupakan bahasa Portugis. Acep mengutip pendapat Remy Sylado atau Alif Danya Munsyi, bahwa Domingo yang dilafalkan menjadi Minggu adalah bagian kesalahkaprahan masyarakat Melayu saat itu.

Selain itu, hari Minggu mulanya dianggap sebagai hari sakral karena artinya hari Tuhan. Namun, berkembangnya zaman, hari Minggu akhirnya dikenal sebagai hari berlibur.

Leave A Reply

Your email address will not be published.